Hub Kami : 0857 1772 2220
Senin - Sabtu : 08.00 - 22.00

Pemasaran Online

Pemasaran internet atau pemasaran online adalah segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa menggunakan Media internet atau jaringan www. Kata e dalam e-pemasaran ini berarti elektronik, yang artinya kegiatan pemasaran yang dimaksud dilaksanakan secara elektronik lewat internet atau cyber. Kegiatan pemasaran internet pada umumnya meliputi hal- hal yang berhubungan dengan pembuatan produk periklanan, pencarian prospek, atau pembeli dan penulisankalimat – kalimat pemasaran. Pemasaran internet atau e-pemasaran ini secara umum meliputi kegiatan :

  • Partnership / Affiliate Marketing ( pemasaran metode afiliasi ). Jenis internet marketing ini adalah dengan cara memanfaatkan para pengiklan. Para pengiklan yang menjual produknya dengan cara online bisa membangun jaringan afiliasi. Jaringan afiliasi adalah dengan melibatkan orang lain dalam penjualan produk yang ada. Contoh http://www.amazon.com.
  • Search Engine Marketing ( pemasaran menggunakan mesin pencari ). Netter biasanya mencari informasi melalui search engine seperti Google dan Yahoo. Sebagian orang yang tidak tahu dimana harus mencari dan mendapatkan informasi yang mereka inginkanbiasanya mereka mencarinya di situs mesin pencari itu ( Google atau Yahoo ). Maka dari itu, jika usaha anda belum dikenali public atau bahkan sudah dikenali banyak orang, cara paling istimewa dan spektakuler yang sebaiknya anda lakukan yaitu berusaha untuk mendapatkan tempat teratas pada mesin pencari (Google atau Yahoo ). Setidaknya pada halaman pertama di mesin pencari. Sesuatu hal yang sangat penting bagi anda untuk memastikan bahwa situs anda terdaftar dan terlampir dalam mesin pencari terkenal seperti Google atau yahoo, apalagi pada halaman pertama. Banyak cara yang dapat anda lakukan supaya website yang anda miliki terindeks pada mesin pencari tersebut ( Google atau Yahoo ) yang dikenal dengan search Engine Optimization ( SEO ).
  • Social Networking ( metode pemasaran menggunakan situs jejaring social ). Berbagai situs social networking seperti facebook, friendster, twitter, Myspace, Linkedln dan MeetUp bisa anda gunakan sebagai senjata e-marketing yang ampuh dan dahsyat. Facebook dan friendster menyediakan fasilitas embed audio dan video. Selain itu beberapa situs social network yang mengijinkan menyertakan audio atau video klip ialah www.Vsocial.com, www.Myspace.com, www.youtube.com dan www.Grouper.com. Memanfaatkan situs jejaring sosial merupakan cara efektif dan ampuh.

Beberapa langkah harus dilakukan secara sistematis dalam menjual produk melalui media internet. Langkah – langkah tersebut antara lain adalah :

1. Membuat website atau blog interaktif

Website atau blog merupakan etalase dari sebuah took di dunia maya. Karena menjadi etalase maka website atau blog memiliki fungsi untuk memajang produk yang ditawarkan kepada konsumen. Oleh karena itu sebuah website atau blog harus berisi segala informasi yang berkaitan dengan produk yang ditawarkan.

2. Mencantumkan daftar produk yang akan dijual dan informasi yang lengkap

Daftar produk yang dicantumkan di sebuah website atau blog harus memuat informasi yang lengkap. Kelengkapan informasi tersebut sebaiknya mencantumkan :

a. Nama produk,

b. Gambar produk,

c. Diskripsi singkat tentang produk,

d. Harga,

e. Kontak yang dihubungi,

f. Cara pengiriman dan biaya.

3. Mendaftarkan di search engine

Search engine atau mesin pencari merupakan sebuah media atau alat yang terpasang di internet. Fungsi alat tersebut adalah untuk mencari alamat – alamat website yang memiliki keterkaitan dengan sebuah kata pencarian.

Contoh search engine diantaranya adalah www.google.com, www.yahoo.com.

Agar sebuah website bisa populer dan keluar di search engine, website tersebut didaftarkan terlebih dahulu.

Setelah website atau blog terbentuk bagus dan lengkap, sebaiknya website atau blog tersebut dipromosikan melalui iklan online maupun sms.


KELEBIHAN PEMASARAN ONLINE MENGGUNAKAN WEBSITE

Dalam segi estimasi biaya, pemasaran menggunakan website online lebih murah dari pada pemasaran offline. Modal pemasaran offline berupa gedung untuk kantor, karyawan, biaya operasional ( listrik, internet, tlp dll ) membutuhkan biaya yang sangat besar. Apabila online menggunakan website kita tidak perlu gedung untuk kantor, karena kita pasarkan dirumah dengan website juga bisa, kita tidak perlu karyawan yang membutuhkan biayanya juga lumayan besar untuk gaji tiap bulannya.

Apabila kita memasarkan produk dengan cara online menggunakan website kita hanya akan keluar biaya untuk operasionalya saja ( listrik, internet, tlp ).
Bagikan artikel ini..!!
Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.Siap melayani anda untuk sekedar sharing atau pemesanan jasa kami 24/7.
Hubungi Kami